Gambar diatas merupakan SIN dan TANGEN dalam Java.
Berikut ini adalah Source Code nya....
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
class tugas_umar extends Canvas
{
int awal;
int akhir;
public void paint(Graphics g)
{
g.setColor(Color.black);
g.drawLine(10,10,10,210);
g.drawLine(10,110,380,110);
g.drawString("1",2,14);
g.drawString("-1",14,210);
g.drawString("0",13,123);
g.drawString("90",100,123);
g.drawString("180",190,123);
g.drawString("270",280,123);
g.drawString("360",370,123);
g.setColor(Color.blue);
for(int i=awal;i<akhir;i+=1)
{
int y=(int)(Math.sin(i*Math.PI/180)*100)*-1;
g.drawOval(i+10,y+110,1,1);
try
{
Thread.sleep(10);
}
catch(Exception e)
{
}
}
}
void nilaiAwal(int nawal)
{
awal=nawal;
}
void nilaiAkhir(int nakhir)
{
akhir=nakhir;
}
}
class Animasi_umar extends Canvas
{
int pertama;
int kedua;
public void paint(Graphics g)
{
g.setColor(Color.black);
g.drawLine(10,10,10,210);
g.drawLine(5,110,380,110);
g.drawString("1",2,14);
g.drawString("-1",14,210);
g.drawString("0",13,123);
g.drawString("90",100,123);
g.drawString("180",190,123);
g.drawString("270",280,123);
g.drawString("360",370,123);
g.setColor(Color.magenta);
for(int i=pertama;i<kedua;i+=1)
{
int y=(int)(Math.tan(i*Math.PI/180)*100)*-1;
g.drawOval(i+10,y+110,1,1);
try
{
Thread.sleep(10);
}
catch(Exception e)
{
}
}
}
void nilaiPertama(int npertama)
{
pertama=npertama;
}
void nilaiKedua(int nkedua)
{
kedua=nkedua;
}
}
class animasi extends JFrame
{
tugas_umar Ka=new tugas_umar();
Animasi_umar Ka2=new Animasi_umar();
JLabel lblAwal=new JLabel("Nilai Awal");
JLabel lblAkhir=new JLabel("Nilai Akhir");
JTextField tx1=new JTextField(5);
JTextField tx2=new JTextField(5);
JButton but2=new JButton("Sin");
JButton but3=new JButton("Tan");
JPanel p1=new JPanel();
JPanel p2=new JPanel();
animasi()
{
setTitle("ploting Fungsi Cosinus dan Tangen");
setLocation(200,200);
setSize(600,300);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setResizable(false);
}
void KomponenVisual()
{
getContentPane().setLayout(new BorderLayout());
p1.add(lblAwal);
p1.add(tx1);
p1.add(lblAkhir);
p1.add(tx2);
p1.add(but2);
p1.add(but3);
getContentPane().add(p1,BorderLayout.NORTH);
setVisible(true);
}
public void sin()
{
but2.addActionListener(new ActionListener()
{
public void actionPerformed(ActionEvent e)
{
String batasAwal=tx1.getText();
int x=Integer.parseInt(batasAwal);
Ka.nilaiAwal(x);
String batasAkhir=tx2.getText();
int y=Integer.parseInt(batasAkhir);
Ka.nilaiAkhir(y);
getContentPane().add(Ka,BorderLayout.CENTER);
setVisible(true);
getContentPane().add(Ka2,BorderLayout.CENTER);
}
});
}
public void tan()
{
but3.addActionListener(new ActionListener()
{
public void actionPerformed(ActionEvent e)
{
String batas2Pertama=tx1.getText();
int x=Integer.parseInt(batas2Pertama);
Ka2.nilaiPertama(x);
String batas2Kedua=tx2.getText();
int y=Integer.parseInt(batas2Kedua);
Ka2.nilaiKedua(y);
getContentPane().add(Ka2,BorderLayout.CENTER);
setVisible(true);
getContentPane().add(Ka,BorderLayout.CENTER);
}
});
}
public static void main(String[]args)
{
animasi a1=new animasi();
a1.KomponenVisual();
a1.sin();
a1.tan();
}
}
Demikian artikel tentang Membuat Sin dan Tangen ini dapat kami sampaikan, semoga artikel atau info tentang Membuat Sin dan Tangen ini, dapat bermanfaat. Jangan lupa dibagikan juga ya! Terima kasih banyak atas kunjungan nya.