Bencana Alam Terjadi Di Awal 2014

Membahas Bencana Alam Terjadi Di Awal 2014 agar kita paham Bencana Alam Terjadi Di Awal 2014 hal ini

Sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2014 dan beranjak ke tahun beriktnya,tahun 2015.Ditahun 2014 sendiri banyak terjadi bencana-bencana alam di Indonesia,bahkan di awal tahun 2014 sendiri.Hal ini sebenarnya juga sudah wajar terjadi kaarena memang kondisi geografis Indonesia yang seperti ini.

Ada banjir,tanah longsor,kebakaran dan lain sebagainya,tetapi semoga saja daerah kalian tidak terjadi bencana seperti ini.

Berikut beberapa beberapa rangkuman bencana yang terjadi pada awal tahun 2014 :

1.Banjir Manado



Banjir bandang dan longsor yang terjadi di Sulawesi Utara telah menelan korban tewas sebanyak 16 orang. Pemda pun telah menyatakan Sulawesi Utara dalam status darurat banjir dan longsor.

"(Korban tewas) enam di antaranya berada di Kota Manado, lima di Kota Tomohon, empat di Kota Minahasa, dan satu di Kabupaten Minahasa," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, melalui layanan pesan singkat, Jumat (17/1/2014).

Selain korban tewas, Sutopo menyebutkan pula saat ini sekitar 4.000 orang mengungsi akibat banjir di wilayah tersebut. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sulawesi Utara, setidaknya seribu orang terisolasi dan seorang mengalami luka berat akibat banjir dan longsor. Data BPBD Sulawesi Utara mencatat pula sekurangnya 1.000 rumah diperkirakan rusak.

2.Gempa Jawa tengah



Gempa dengan kekuatan 6,5 skala Richter (SR) terjadi pada pukul 12.14, Sabtu (25/1/2014), dengan kedalaman 48 kilometer dan 104 kilometer barat daya Kebumen, Jawa Tengah, tepatnya di 8,48 lintang selatan, 109,17 bujur timur. Demikian seperti dilansir Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Sabtu siang.

masjjid runtuh di kebumen

Gempa,di Kebumen ini menyebabkan sebuah masjid runtuh dan beberapa rumah ambruk,karena bencana tersebut ditaksir kerugian yang di capai sekitar 2 Miliar rupiah. Wah lumayan banyak juga sih kalo dihitung untuk sebuah pembangunan sebuah desa/kota.



3.Puting beliung di Pringsewu-Lampung

Angin kencang dan hujan deras melanda wilayah Lampung pada awal Januari 2014. Angin puting beliung tersebut mengakibatkan sejumlah rumah di berbagai daerah, roboh. Hujan deras juga mengakibatkan meluapnya sungai-sungai sehingga ratusan rumah warga kebanjiran.

Pada Senin (6/1) sekitar pukul 17.00, angin puting beliung melanda dua dusun di Desa Rajabasainduk, Kecamatan Labuhanratu, Kabupaten Lampung Timur. Pusaran angin selama 3 menit yang menyertai hujan deras sejak pukul 15.00 itu memporak-porandakan sembilan rumah dan satu musala.


Angin putting beliung juga menerjang Pekon Tulungagung dan Pekon Tegalsari di Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, pada Senin (6/1) pukul 15.00. Sebanyak 22 rumah rusak berat akibat materialnya diterbangkan angina atau tertimpa pohon roboh. Dua orang juga menjadi korban tertimpa pohon saat sedang mengendarai sepeda motor.

Sementara itu, banjir merendam kawasan Kampung Bugis dan Kampung Palembang di Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang. Ratusan rumah yang berada di bantaran Way (Sungai) Tulangbawang pun kena terjang banjir.


Sedangkan di Bandarlampung, sebuah pohon besar setinggi 50 meter tumbang dan menimpa sejumlah rumah di Jalan Hasanudin, Kupangteba, Telukbetung Selatan, Bandarlampung pada Selasa (7/1) pukul 4.45 WIB. Sebanyak 10 orang terluka dan harus dibawa ke rumah sakit karena tertimpa reruntuhan rumah yang roboh akibat dihantam pohon berusia ratusan tahun tersebut.

MARI kita do'akan para korban bencana tersebut agar dimudahkan baik yang selamat maupun yang sudah wafat.
Sekian dan jangan lupa tulis pendapat kalian dan do'a kalian di kolom komentar...
Happy Reading
Demikian artikel tentang Bencana Alam Terjadi Di Awal 2014 yang dapat kami sampaikan semoga artikel Bencana Alam Terjadi Di Awal 2014 ini, berkenan dan bermanfaat.